Tips Mengonsumsi Sayuran Mentah

5/11/2016 01:56:00 PM
Tips Menarik - Menyantap salad sayuran memang menyegarkan. Mulai dari beragam jenis vitamin, mineral, fiber, hingga karbohidrat. Tentunya, semua kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk tubuh dan juga perkembangan kulit Anda. Lumayan untuk menghemat pembelian produk pembersih kulit wajah terbaik, bukan? Oleh sebab itu, tidak heran jika mengonsumsi sayuran mentah sering menjadi pilihan bagi para perempuan yang ingin menjaga kesehatan tubuhnya.


Tips Mengonsumsi Sayuran Mentah


Akan tetapi, jika tidak berhati-hati, memakan sayuran mentah malah bisa mendatangkan gangguan kesehatan loh. Sebab sayuran mentah bisa terinfeksi bakteri, mengandung pestisida, bahkan mengandung telur cacing. Terbayang seperti apa bahayanya, kan? Oleh sebab itu, Anda butuh penangan khusus sebelum mengonsumsi makanan mentah. Simak caranya berikut ini!

  • Selalu cuci sayuran dengan air mengalir. Seringnya, mungkin Anda memiliki kebiasaan untuk merendam sayuran di dalam baskom besar. Hal ini tentu saja salah sebab sisa pestida dan bakteri yang menempel tidak terbuang melainkan tetap berada di dalam baskom tesebut. Sebaiknya, cucilah sayuran dengan air yang mengalir karena dapat meluruhkan semua sisa kotoran.
  • Untuk meyakinkan diri bahwa telur-telur cacing menghilang dari permukaan sayuran, cucilah dengan air hangat. Setelah dicuci dengan air mengalir, cucilah dengan air hangat. Taruh sayur di atas saringan lalu sirami dengan air hangat. Ulangi langkah tersebut selama beberapa kali untuk memastikan telur cacing lepas dari permukaan sayuran.
  • Pilih-pilih jenis sayuran. Tidak semua sayuran bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah. Sebab dalam sayuran bisa juga ditemui racun saponin yang dapat membahayakan kondisi tubuh. Selalu pilih sayuran yang tidak bergetah karena getah pada tumbuhan bisa mengganggu sistem pencernaan Anda. Biasanya, sayuran yang digunakan untuk salad adalah daun selada, bawang bombay, tomat, mentimun, paprika, wortel, dan juga apel.
  • Selalu gunakan sayuran yang masih segar. Sayur mayur yang masih segar sangat baik untuk dimakan sebagai salad. Pilih juga sayuran yang daun-daunnya masih utuh dan tidak berlubang karena dimakan ulat.
Salad sayuran dapat dinikmati dengan siraman saus mayones dan juga dengan olive oil. Apa pun pilihannya, jangan lupa untuk menjaga agar sayuran yang Anda pilih sebagai bahan salad baik untuk kesehatan, ya. Selamat memasak!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »